Senin, 27 April 2015

Layanan Perpustakaan

Waktu Layanan

Setiap hari Senin - Jum'at
Jam 9.00 - 16.00 WIB

Tujuan

Sebagai lembaga yang berupaya meningkatkan kualitas dan partisipasi tunanetra di bidang pendidikan dan ketenagakrejaan, adanya layanan perpustakan merupakan salah satu pilar utama layanan Mitra Netra.
Tujuan layanan perpustakaan Mitra Netra adalah:
  • Menyediakan layanan peminjaman buku yang dapat dibaca secara mandiri oleh tunanetra, baik dalam bentuk buku Braille, buku bicara digital (buku dalam bentuk CD audio), serta buku elektronik (e-book)
  • Menjadi pusat layanan informasi bagi tunanetra
  • Menjadi tempat belajar bersama (mini learning center) bagi tunanetra
  • Membangun masyarakat tunanetra yang gemar membaca dan belajar
  • Memberikan hak pada tunanetra untuk mendapatkan akses ke informasi melalui literasi

Jenis Layanan

  • Peminjaman buku dalam bentuk buku Braille maupun buku bicara digital kepada anggota perpustakan
  • Mendistribusikan buku bicara digital kepada perpustakaan untuk tunanetra lain yang telah berafiliasi dengan Mitra Netra
  • Memberikan informasi yang dibutuhkan tunanetra
  • Menyelenggarakan kegiatan belajar bersama dengan nama Mini Learning Center (MLC), meliputi:
    - English lesson
    - English conversation club
    - Diskusi rutin dengan tema-tema menarik untuk memperluas wawasan dan mendukung kemandirian tunanetra
    - Menulis kreatif
  • Layanan pemesanan buku, baik pembuatan buku Braille maupun buku bicara digital
  • Layanan membaca buku diperpustakaan

Fasilitas Layanan

  • Ruang perpustakaan
  • Alat untuk membaca (mendengarkan) buku bicara digital
  • Tempat untuk membaca/mendengarkan buku
  • Komputer desktop yang dilengkapi perangkat lunak pembaca layar
  • Buku braille koleksi perpustakaan Mitra Netra
  • Buku bicara digital koleksi perpustakaan Mitra netra
  • Loker penyimpanan barang sementara tunanetra beraktivitas di perpustakaan
  • Gazebo untuk belajar bersama (MLC)

Tempat Layanan

Lokasi layanan perpustakaan Mitra Netra berada di kantor Mitra Netra.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
  • Endah Tri Wahyuningsih : (Pustakawan)
  • Adi Ariyanto : (Koordinator MLC)
Untuk menghubungi, silakan kontak:
Telp. : 021-7651386
Email : indah @mitranetra.or.id

Durasi Layanan

Layanan peminjaman buku:
  • Buku pelajaran/referensi kuliah dapat dipinjam selama satu semester buku tersebut diperlukan untuk belajar
  • Buku-buku pengetahuan umum dapat dipinjam selama satu bulan
  • Jika buku diperlukan melebihi jangka waktu yang ditetapkan tersebut, peminjam dapat mengajukan perpanjangan.
Proses pemesanan/pembuatan buku Braille atau buku bicara digital dapat berlangsung antara 1 hingga 3 bulan, sesuai ketebalan buku.
Layanan pemberian informasi dan membaca buku di perpustakaan disediakan selama hari kerja.
Mini Learning Center:
  • English class : 2 kali seminggu masing-masing 2 jam
  • English conversation club : sekali seminggu dengan durasi 2 jam
  • Diskusi : sekurang-kurangnya 2 kali sebulan, dengan durasi minimal 2 jam
  • Menulis kreatif : sekali seminggu, dengan durasi 2 jam

Syarat & Ketentuan Layanan

Layanan peminjaman dan pemesanan buku:
  • Mendaftar menjadi anggota perpustakan:
    - Mengisi formulir
    - Membayar iuran anggota sekali setahun sebesar Rp 10,000
  • Mentaati peraturan peminjaman buku
Mini learning Center:
  • Mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan MLC yang diinginkan
  • Mengikuti sesuai ketentuan yang ditetapkan
Dilihat: 7200 kali
Kembali
Find us on Facebook

Follow us on Twitter

Auditor Report and Financial Statments Mitra Netra 2012 and 2013

Buletin MitraNetra Desember 2014

Partner:
Light for the World

Tidak ada komentar:

Posting Komentar