Jumat, 09 Desember 2016

pandangan saya terhadap prospek manajemen perpustakaan sekolah

Sekolah pada tingkatan dasar dan menegah merupakan pondasi pembentukan karakter dan keberhasilan generasi muda dimasa yang akan datang. Berbagai strategi dan fasilitas untuk meraih keberhasilan dalam proses pendidikan menjadi sangat penting bagi sekolah dan salah satunya adalah perpustakaan. Perpustakaan merupakan salah satu bagian dari fasilitas yang terkadang luput dari perhatian para pengambil kebijakan di sekolah. Perpustakaan sekolah adalah salah satu bagian yang diharapkan dapat menjadi pedoman dan panduan bagi adanya perpustakaan dan pengelolaan perpustakaan sekolah yang baik. Sehingga ke depannya, perpustakaan sekolah di harapkan benar-benar menjadi elemen penting bagi keberhasilan proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah dasar maupun menegah.
Pemerintah melalui menteri-menterinya yang bertanggung jawab atas pendidikan, diwajibkan dapat
mengembangkan strategi, kebijakan-kebijakan dan rencana-rencana yang mampu mengimplementasikan prinsip-prinsipyang ada. Ditegaskan bahwa, selain perpustakaan sekolah menyediakan informasi dan gagasan yang menjadi dasar untuk membentuk masyarakat saat ini yang berbasis informasi dan ilmu pengetahuan. Kedepannya diharapkan perpusakaan harus mampu membekali siswa dengan kemampuan pembelajaran sepanjang hayat dan mampu mengembangkan imajinasinya, sehingga dapat membekali siswa menjadi warga negara yang bertanggung jawab.
Diharapkan kedepannya perpustakaan sekolah juga menyediakan layanan internet mulai dari suatu kegiatan yang berada di perpustakaan meliputi peminjaman, pengembalian, bebas perpustakaan, penelusuran informasi (OPAC). Dimana penggunaan internet di perpustakaan dapat membantu mengoptimalkan pelayanan yang ada diperpustakaan. Pelayanan yang diberikan akan semakin mudah berkat adanya internet dan para pengguna (mahasiswa) akan terbantu berkat adanya internet tersebut. .  Intinya ketika buku yang dicari tidak ditemukan di perpustakaan, internet akan membantu mereka dengan adanya perpustakaan elektronik, dan melalui pencarian yang mereka butuhkan. Melalui internet, mereka juga dapat meminjam dan juga memperpanjang waktu peminjaman buku.
Selain itu dengan bantuan internet, perpustakaan juga bisa mengakses koleksi digital berupa database online yang dilanggan oleh perpustakaan itu sendiri. Hal ini dilakukan dikarenakan perpustakaan tetap ingin menyediakan informasi yang up to date bagi penggunanya. Pengembangan perpustakaan digital atau e-library bagi tenaga pengelola perpustakaan dapat membantu pekerjaan di perpustakaan melalui fungsi sistem otomasi perpustakaan, sehingga proses pengelolaan perpustakaan lebih efektif dan efisien. Fungsi sistem otomasi perpustakaan menitikberatkan pada bagaimana mengontrol sistemadministrasi layanan secara otomatis/ terkomputerisasi. Sedangkan bagi pengguna perpustakaan dapat membantu mencari sumber-sumber informasi yang diinginkan dengan menggunakan catalog on-line yang dapat diakses melalui intranet maupun internet, sehingga pencarian informasi dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun ia berada. Kenyataan yang terjadi keuntungan dari adanya penggunaan internet di perpustakaan dengan layanan gratis (wifi) membuat siswanya sering mengunjungi perpustakaan. Hampir setiap hari pengunjung pepustakaan memiliki peningkatan terlebih ketika musim pemberian tugas akhir, UTS, dan UAS. Hal tersebut juga berarti membuktikan bahwa penggunaan internet diperpustakaan membantu pengoptimalan pelayanan perpustakaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar