Jumat, 02 Desember 2016

Layanan terbitan pemerintah dan badan internasional

LAYANAN TERBITAN PEMERINTAH DAN BADAN INTERNASIONAL

MAKALAH
UNTUK MEMENUHI TUGAS MATAKULIAH
Terbitan Pemerintah dan Badan Internasional Yang Dibina Oleh
Bapak Andi Asari

Oleh
Floriana Indra Jehadut (140213505867)
Hadi Sucahyo
Isna Arfia Mita (150213505267)
Kartika Ayustina (150213505306)






UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS SASTRA
JURUSAN SASTRA INDONESIA
PRODI D3 PERPUSTAKAAN
NOVEMBER 2016


KATA PENGANTAR
            Puji dan syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah diberikan kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Dalam menyelesaikan makalah ini, penulis berpegang pada teori dan berbagai pihak yang banyak membantu hingga terselesaikannya makalah ini. makalah merupakan salah satu syarat bagi mahasiswa untuk menyelesaikan tugas di Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Terwujudnya makalah ini adalah berkat usaha, kerja keras serta dukungan dari berbagai pihak dan tanpa menghilangkan rasa hormat, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu penulis yaitu dosen penempuh matakuliah perpustakaan digital serta teman-teman yang saya kasihi dan saya cintai.
           
Penulis menyadari bahwa penulisan skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan, karena tiada gading yang tak retak. Oleh sebab itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun guna terciptanya kesempurnaan penulisan ini selanjutnya. Semoga penulisan ini dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi siapa saja yang membacanya.




                                                                                   Malang, 11 November 2016
                                                     
Penulis



BAB I
PENDAHULUAN

1.1    LatarBelakang
Perpustakaan merupakan salah satu unsur penting dalam mendukung penyebaran informasi kepada seluruh pihak yang membutuhkan. Sehingga peran dari sebuah perpustakaan adalah sangat penting sekali, karena menjadi pusat penyebaran informasi itu sendiri. Salah satu sumber informasi yang harus disediakan dan tidak bisa diabaikan adalah terbitan pemerintah dan badan internasional.
Koleksi terbitan pemerintah mencakup publikasi pemerintah pusat dan daerah di seluruh wilayah Indonesia, baik legislatif, yudikatif/eksekutif, maupun, dari departemen atau lembaga pemerintah non departemen. Suatu terbitan pemerintah biasanya dicetak atas biaya dari pemerintah, diterbitkan oleh badan-badan pemerintah dan pada umumnya berisi hal-hal yang berkaitan dengan masalah pemerintah dan kepentingan umum.
Menurut American Library Association Glossary of Library and Information Science terbitan pemerintah dan badan internasional didefinisikan sebagai tiap terbitan yang berasal dari, diterbitkan oleh atau dengan biaya dan wewenang tiap kantor resmi pemerintah atau lembaga internasional. Jadi pada dasarnya terbitan pemerintah dan badan internasional merupakan koleksiterbatas pada bidang-bidang pemerintahan dan lembaga internasional dimana tidak semua perpustakaan memerlukan koleksi tersebut. Hal ini menyebabkan jenis koleksi referensi tersebut jarang ditemukan ada di setiap jenis perpustakaan. Pada makalah ini penulis mengabil judul tentang “Layanan Terbitan Pemerintah dan Badan Internasional di Perpustakaan” dengan harapan setiap perpustakaan dapat melayankan tebitan pemerintah dan badan internasional untuk melengkapi koleksi referensi di masing-masing perpustakaan.









1.2    Rumusan Masalah
1.      Bagaimana definisi dari terbitan pemerintah dan badan internasional?
2.      Bagaimana definisi layanan referensi?
3.      Apa saja jenis-jenis dari terbitan pemerintah dan badan internasional?
4.      Apa saja jenis kegiatan pelayanan referensi?
5.      Bagaimana proses layanan terbitan pemerintah dan badan internasional di perpustakaan Universitas Negeri Malang?

1.3    Tujuan
1.      Untuk mengetahui definisi dari terbitan pemerintah dan badan internasional
2.      Untuk mengetahui definisi layanan referensi
3.      Untuk mengetahui jenis-jenis dari terbitan pemerintah dan badan internasional
4.      Untuk mengetahui jenis kegiatan pelayanan referensi
5.      Untuk mengetahui proses layanan terbitan pemerintah dan badan internasional di perpustakaan Universitas Negeri Malang



















BAB II
PEMBAHASAN

2.1    Definisi Terbitan Pemerintah dan Badan Internasional
2.1.1        Definisi Terbitan Pemerintah dan Badan Internasional
            Terbitan pemerintah adalah setiap terbitan yang dicetak atas biaya pemerintah dan badan-badan pemerintah yang pada umumnya berisi hal-hal berkaitan dengan masalah-masalah pemerintahan untuk kepentingan umum. Sedangkan terbitan badan internasional menurut American Library Association Glossary of Library and Information Science (dalam Mustafa dan Saleh, 2001:222) adalah tiap-tiap terbitan yang berasal dari, diterbitkan oleh, atau dengan biaya dan wewenang tiap kantor resmi lembaga internasional. Menurut definisi tersebut dapat kita simpulkan bahwa terbitan pemerintah dan badan internasional sangat terbatas dan terbitannya hanya berisi tentang pemerintahan.

2.1.2        Contoh Terbitan Pemerintah dan Badan Internasional
Contoh terbitan pemerintah adalah:
a)      Paten
Paten dalam artian dokumen adalah dokumen resmi (biasanya hanya semacam sertifikat) yang diberikan oleh pemerintah kepada pemilik penemuan yang menyatakan bahwa pemilik paten berhak untuk menggunakannya dalam batas waktu tertentu
Spesifikasi paten adalah deskripsi dari paten  yg diterbitkan oleh pemerintah (kantor paten).
b)      Standar
Terbitan pemerintah yang menjadi acuan dalam pembentukan standar suatu kegiatan, produk maupun sistem.

2.1.3   Karakteristik Umum Terbitan Pemerintah dan Badan Internasional
   Karakteristik terbitan pemerintah dan badan internasional oleh Mustafa dan Saleh, (2001:225) diperinci sebagai berikut:
a)      Diterbitkan dalam jumlah yang sangat banyak. Biasanya untuk dibagikan secara cuma-cuma kebanyak pihak, nasional atau internasional sebagai media komunikasi dan penyebaran informasi.
b)      Selain diterbitkan oleh pemerintah atau kantor pusat, juga diterbitkan oleh pemerintah daerah atau kantor cabang. Meskipun biasanya di pemerintah atau kantor pusat ada bagian penerbitan khusus.
c)      Kebanyakan terbitan jenis ini tidak dikenal secara umum. Sangat sedikit judul-judul terbitan itu yang dipublikasikan, sehingga banyak orang yang tidak mengetahui keberadaannya.
d)     Terbitan jenis ini jarang dicakup dalam bibliografi.
e)      Katalog resmi terbitan pemerintah sering kurang informatif. Susunan entri dalam katalog terbitan pemerintah kebanyakan didasarkan pada kelembagaan atau departemen dalam pemerintah, bukan bedasarkan subjek.
f)       Terbitan ini sukar atau tidak mungkin ditemukan di toko-toko buku pada umumnya.
g)      Buku rujukan jenis ini boleh jadi merupakan sumber informasi penting satu-satunya mengenai informasi yang di butuhkan. Ada kalanya suatu informasi penting tertentu tidak dapat ditemukan dalam sumber-sumber lain, selain dalam terbitan pemerintah dan badan internasional.

2.2         Definisi Layanan Referensi
2.2.1   Pengertian Layanan Referensi
Terdapat banyak definisi atau pengertian dari pelayanan referensi menurut para
tokoh, diantaranya adalah sebagai berikut :
Ø  Pelayanan referensi adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan di
             perpustakaan yang khusus melayankan/menyajikan koleksi referensi kepada para
             pemakai/pengunjung perpustakaan.
Ø  Suatu kegiatan pelayanan untuk membantu para pemakai pengunjung
             perpustakaan menemukan informasi dengan cara :
·      Menerima pertanyaan-pertanyaan dari para pemakai/pengunjun perpustakaan dan     kemudian menjawab dengan menggunakan koleksi referensi.
·      Memberi bimbingan kepada para pemakai tentang penggunaan bahan pustaka koleksi referensi.



2.2.2   Tujuan dan Fungsi Pelayanan Referensi
1)      Tujuan Pelayanan Referensi
·         Mengarahkan pemakai perpustakaan menemukan informasi yang
 dibutuhkan dengan tepat dan cepat
·         Memampukan pemakai perpustakaan menelusur informasi dengan
                                    menggunakan berbagai pilihan sumber informasi yang lebih luas.
·         Memampukan pemakai perpustakaan menggunakan setiap koleksi bahan pustaka referensi dengan tepat guna.
2)      Fungsi Pelayanan Referensi
·         Informasi
Memberikan jawaban atas pertanyaan–pertanyaan tentang informasi yang dibutuhkan oleh para pemakai perpustakaan.
·         Bimbingan
Memberikan bimbingan kepada pemakai untuk menemukan bahan pustaka  dalam koleksi referensi yang tepat sesuai dengan bidang masing-masing serta penggunaannya dalam menemukan informasi yang dikehendaki.
·         Pemilihan atau penilaian
Memberikan petunjuk tentang bagaimana cara memilih/menilai bahan pustaka yang bermutu dan berbobot ilmiah agar diperoleh sumber informasi yang berdaya guna maksimal.

2.3         Jenis-Jenis Terbitan Pemerintah dan Badan Internasional
2.3.1   Jenis-Jenis Terbitan Pemerintah
a)      Undang-undang
Peraturan perundang-undangan yang dibentuk oleh DPR dengan persetujuan bersama Presiden. Undang-undang memiliki kedudukan sebagai aturan main bagi rakyat untuk konsolidasi posisi politik danhukum, untuk mengatur kehidupan bersama dalam rangka mewujudkan tujuan dalam bentuk Negara. Undang-undang dapat pula dikatakan sebagai kumpulan-kumpulan prinsip yang mengatur kekuasaan pemerintah, hak rakyat, dan hubungan di antaranya keduanya.

b)      Peraturan Pemerintah
Peraturan Pemerintah adalah peraturan perundang-undangan di Indonesia yang ditetapkan oleh Presiden untuk menjalankan Undang-Undang sebagaimana mestinya.
c)      Peraturan Presiden
Peraturan Presiden adalah peraturan perundang-undangan yang dibuat oleh Presiden. Materi muatan Peraturan Presiden adalah materi yang diperintahkan oleh Undang-Undang atau materi untuk melaksanakan Peraturan Pemerintah.
d)     Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus mereka hadapi, yakni kondisi yang bisa mengancam keselarasan dan kehidupan umum. Iklan layanan masyarakat (ILM) dapat dikampanyekan oleh organisasi profit atau non profit dengan tujuan sosial ekonomis yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

2.3.2        Jenis-Jenis Terbitan Badan Internasional
a)      Keputusan badan-badan internasional
b)      Hasil penelitian yang dijalankan dibawah suatu badan internasional, misalnya penelitian dibidang kesehatan, lingkungan, dan pendidikan.
c)      Laporan tahunan, misalnya laporan tahunan bank dunia yang berisi pengungkapan publik kepentingan keuangan yang dilakukan oleh tim manajemen Kelompok Senior Kelompok Bank Dunia.
d)     Buku dan brosur.
e)      Perjanjian-perjanjian internasiona, misalnya
Ø  Piagam PBB, yaitu perjanjian konstituen dan seluruh penanda tangan terikat dengan isinya.
Ø  Piagam ASEAN, yaitu perjanjian perhimpunan bangsa-bangsa asia tenggarayang bertujuan untuk mempermudah kerjasama, menghadapi tantangan internal, dan merefleksikan pandangan ke depan.
f)       Bibliografi nasional.
g)      Direktori nasional

2.4    Jenis Kegiatan Layanan Referensi
Berbagai pendapat tentang pembagian kegiatan pelayanan referensi pada dasarnya memberikan pengertian yang sama, dimana hal itu sangat tergantung pada kondisi perpustakaan dan usernya. Ada yang membagi menjadi 3 kelompok besar : (1) Jasa Dasar, (2) Jasa yang Lazim diberikan, dan (3) Jasa yang jarang di berikan. Ada pula yang membagi 2 kelompok besar sebagai berikut :
a)      Kegiatan Pokok
·         Memberikan informasi bersifat umum, baik mengenai hal-hal yang umum mengenai perpustakaan maupun khusus mengenai pelayanan referensi-nya.
·         Memberikan informasi yang bersifat spisifik/khusus, yang untuk itu
            diperlukan bantuan koleksi referensi.
·         Memberikan bantuan menelusur informasi sampai ditemukan informasi yang dibutuhkan pemakai baik melalui koleksi referensi perpustakaan yang bersangkutan maupun perpustakaan yang lain.
·         Memberikan bantuan untuk menelusur bahan pustaka dengan menggunakan katalog, bibliografi, komputer, dan alat-alat yang ada.
·         Memberikan pengarahan kepada pemakai untuk menemukan pokok bahasan tertentu.
·         Memberikan bimbingan secara klasikal dan formal kepada pemakai tentang bahan pustaka, penggunaan dan pemilihan bahan pustaka yang tepat untuk mendapat informasi yang dibutuhkan.
b)      Kegiatan Penunjang
·         Menjalin kerja sama yang baik dengan perpustakaan lain dalam rangka
 memberikan layanan jasa informasi, termasuk di dalamnya kegiatan          pinjam antar perpustakaan (inter library loan).
·         Menyelenggarakan pendidikan secara formal dan klasikal untuk memberikan pengetahuan da ketrampilan kepada pemakai perpustakaan tentang penggunaan koleksi referensi, dan pemilihan bahan pustaka yang berbobot ilmiah.
·         Mempromosikan koleksi perpustakaan kepada umum dengan cara :
Ø  Menyelenggarakan pameran perpustakaan kerja sama dengan penerbit
Ø  Menerbitkan bibliografi Perpustakaan
Ø  Mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan statistik pelaksanan kegiatan pelayanan referensi
·         Membuat Indeks
·         Membuat kliping
·         Membuat abstrak
·         Membuat koleksi tandon (Reservation)
·         Membuat jajaran vertikal (vertical File)
·         Memberikan  bimbingan belajar khususnya pada perpustakaan-perpustakaan sekolah untuk mengatasi siswa yang mengalami kesulitan belajar.

2.5    Proses Layanan Terbitan Pemerintah dan Badan Internasional di Perpustakaan Universitas Negeri Malang
Koleksi terbitan pemerintah dan badan Internasional di Universitas Negeri Malang masuk dalam kategori layanan referensi. Koleksi terbitan pemerintah tersebut kebanyakan didapatkan dari hadiah. Maka dari itu koleksi diklasifikasikan menggunakan kode HD pada label buku yang berarti koleksi tersebut merupakan koleksi hadiah atau koleksi tersebut didapat dari hadiah. jadi Universitas Negeri Malang jarang sekali mengadakan koleksi terbitan pemerintah dikarenakan sudah banyaknya hadiah koleksi yang didapat. Proses layanan dalam terbitan pemerintah dan badan internasional secara keseluruhan hampir sama dengan pelayanan referensi yang hanya bisa difotocopy, dan dibaca di tempat referensi. Jadi tidak diperkenankan untuk dipinjam untuk dibawa pulang. Proses pengolahan buku pun sama dengan pengolahan buku seperti biasa.
Kendala dari proses pelayanan terbitan pemerintah dan badan internasional di UM yaitu jarangnya ada yang meminjam koleksi tersebut. Apabila koleksi tersebut hilang ketika dipinjam maka pihak perpustakaan tidak bisa mengadakannya lagi, dikarenakan koleksi tersebut hanya didapatkan dari hadiah. Peminjam koleksi terbitan pemerintah dan badan internasional di perpustakaan UM kebanyakan dari jurusan PKN, dikarenakan dalam proses pembelajaran prodi PKN memang sangat erat hubungannya dengan bidang pemerintahan.



DAFTAR RUJUKAN

Mustafa, Badollahi dan Abdul Rahman Saleh. 2001. Bahan Rujukan Umum.   
           Jakarta: Universitas Terbuka











 LAYANAN TERBITAN PEMERINTAH DAN BADAN INTERNASIONAL

MAKALAH
UNTUK MEMENUHI TUGAS MATAKULIAH
Terbitan Pemerintah dan Badan Internasional Yang Dibina Oleh
Bapak Andi Asari

Oleh
Floriana Indra Jehadut (140213505867)
Hadi Sucahyo
Isna Arfia Mita (150213505267)
Kartika Ayustina (150213505306)





UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS SASTRA
JURUSAN SASTRA INDONESIA
PRODI D3 PERPUSTAKAAN
NOVEMBER 2016


KATA PENGANTAR
            Puji dan syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah diberikan kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Dalam menyelesaikan makalah ini, penulis berpegang pada teori dan berbagai pihak yang banyak membantu hingga terselesaikannya makalah ini. makalah merupakan salah satu syarat bagi mahasiswa untuk menyelesaikan tugas di Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Terwujudnya makalah ini adalah berkat usaha, kerja keras serta dukungan dari berbagai pihak dan tanpa menghilangkan rasa hormat, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu penulis yaitu dosen penempuh matakuliah perpustakaan digital serta teman-teman yang saya kasihi dan saya cintai.
            Penulis menyadari bahwa penulisan skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan, karena tiada gading yang tak retak. Oleh sebab itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun guna terciptanya kesempurnaan penulisan ini selanjutnya. Semoga penulisan ini dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi siapa saja yang membacanya.




                                                                                   Malang, 11 November 2016
                                                     
Penulis



BAB I
PENDAHULUAN

1.1    LatarBelakang
Perpustakaan merupakan salah satu unsur penting dalam mendukung penyebaran informasi kepada seluruh pihak yang membutuhkan. Sehingga peran dari sebuah perpustakaan adalah sangat penting sekali, karena menjadi pusat penyebaran informasi itu sendiri. Salah satu sumber informasi yang harus disediakan dan tidak bisa diabaikan adalah terbitan pemerintah dan badan internasional.
Koleksi terbitan pemerintah mencakup publikasi pemerintah pusat dan daerah di seluruh wilayah Indonesia, baik legislatif, yudikatif/eksekutif, maupun, dari departemen atau lembaga pemerintah non departemen. Suatu terbitan pemerintah biasanya dicetak atas biaya dari pemerintah, diterbitkan oleh badan-badan pemerintah dan pada umumnya berisi hal-hal yang berkaitan dengan masalah pemerintah dan kepentingan umum.
Menurut American Library Association Glossary of Library and Information Science terbitan pemerintah dan badan internasional didefinisikan sebagai tiap terbitan yang berasal dari, diterbitkan oleh atau dengan biaya dan wewenang tiap kantor resmi pemerintah atau lembaga internasional. Jadi pada dasarnya terbitan pemerintah dan badan internasional merupakan koleksiterbatas pada bidang-bidang pemerintahan dan lembaga internasional dimana tidak semua perpustakaan memerlukan koleksi tersebut. Hal ini menyebabkan jenis koleksi referensi tersebut jarang ditemukan ada di setiap jenis perpustakaan. Pada makalah ini penulis mengabil judul tentang “Layanan Terbitan Pemerintah dan Badan Internasional di Perpustakaan” dengan harapan setiap perpustakaan dapat melayankan tebitan pemerintah dan badan internasional untuk melengkapi koleksi referensi di masing-masing perpustakaan.









1.2    Rumusan Masalah
1.      Bagaimana definisi dari terbitan pemerintah dan badan internasional?
2.      Bagaimana definisi layanan referensi?
3.      Apa saja jenis-jenis dari terbitan pemerintah dan badan internasional?
4.      Apa saja jenis kegiatan pelayanan referensi?
5.      Bagaimana proses layanan terbitan pemerintah dan badan internasional di perpustakaan Universitas Negeri Malang?

1.3    Tujuan
1.      Untuk mengetahui definisi dari terbitan pemerintah dan badan internasional
2.      Untuk mengetahui definisi layanan referensi
3.      Untuk mengetahui jenis-jenis dari terbitan pemerintah dan badan internasional
4.      Untuk mengetahui jenis kegiatan pelayanan referensi
5.      Untuk mengetahui proses layanan terbitan pemerintah dan badan internasional di perpustakaan Universitas Negeri Malang



















BAB II
PEMBAHASAN

2.1    Definisi Terbitan Pemerintah dan Badan Internasional
2.1.1        Definisi Terbitan Pemerintah dan Badan Internasional
            Terbitan pemerintah adalah setiap terbitan yang dicetak atas biaya pemerintah dan badan-badan pemerintah yang pada umumnya berisi hal-hal berkaitan dengan masalah-masalah pemerintahan untuk kepentingan umum. Sedangkan terbitan badan internasional menurut American Library Association Glossary of Library and Information Science (dalam Mustafa dan Saleh, 2001:222) adalah tiap-tiap terbitan yang berasal dari, diterbitkan oleh, atau dengan biaya dan wewenang tiap kantor resmi lembaga internasional. Menurut definisi tersebut dapat kita simpulkan bahwa terbitan pemerintah dan badan internasional sangat terbatas dan terbitannya hanya berisi tentang pemerintahan.

2.1.2        Contoh Terbitan Pemerintah dan Badan Internasional
Contoh terbitan pemerintah adalah:
a)      Paten
Paten dalam artian dokumen adalah dokumen resmi (biasanya hanya semacam sertifikat) yang diberikan oleh pemerintah kepada pemilik penemuan yang menyatakan bahwa pemilik paten berhak untuk menggunakannya dalam batas waktu tertentu
Spesifikasi paten adalah deskripsi dari paten  yg diterbitkan oleh pemerintah (kantor paten).
b)      Standar
Terbitan pemerintah yang menjadi acuan dalam pembentukan standar suatu kegiatan, produk maupun sistem.

2.1.3   Karakteristik Umum Terbitan Pemerintah dan Badan Internasional
   Karakteristik terbitan pemerintah dan badan internasional oleh Mustafa dan Saleh, (2001:225) diperinci sebagai berikut:
a)      Diterbitkan dalam jumlah yang sangat banyak. Biasanya untuk dibagikan secara cuma-cuma kebanyak pihak, nasional atau internasional sebagai media komunikasi dan penyebaran informasi.
b)      Selain diterbitkan oleh pemerintah atau kantor pusat, juga diterbitkan oleh pemerintah daerah atau kantor cabang. Meskipun biasanya di pemerintah atau kantor pusat ada bagian penerbitan khusus.
c)      Kebanyakan terbitan jenis ini tidak dikenal secara umum. Sangat sedikit judul-judul terbitan itu yang dipublikasikan, sehingga banyak orang yang tidak mengetahui keberadaannya.
d)     Terbitan jenis ini jarang dicakup dalam bibliografi.
e)      Katalog resmi terbitan pemerintah sering kurang informatif. Susunan entri dalam katalog terbitan pemerintah kebanyakan didasarkan pada kelembagaan atau departemen dalam pemerintah, bukan bedasarkan subjek.
f)       Terbitan ini sukar atau tidak mungkin ditemukan di toko-toko buku pada umumnya.
g)      Buku rujukan jenis ini boleh jadi merupakan sumber informasi penting satu-satunya mengenai informasi yang di butuhkan. Ada kalanya suatu informasi penting tertentu tidak dapat ditemukan dalam sumber-sumber lain, selain dalam terbitan pemerintah dan badan internasional.

2.2         Definisi Layanan Referensi
2.2.1   Pengertian Layanan Referensi
Terdapat banyak definisi atau pengertian dari pelayanan referensi menurut para
tokoh, diantaranya adalah sebagai berikut :
Ø  Pelayanan referensi adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan di
             perpustakaan yang khusus melayankan/menyajikan koleksi referensi kepada para
             pemakai/pengunjung perpustakaan.
Ø  Suatu kegiatan pelayanan untuk membantu para pemakai pengunjung
             perpustakaan menemukan informasi dengan cara :
·      Menerima pertanyaan-pertanyaan dari para pemakai/pengunjun perpustakaan dan     kemudian menjawab dengan menggunakan koleksi referensi.
·      Memberi bimbingan kepada para pemakai tentang penggunaan bahan pustaka koleksi referensi.



2.2.2   Tujuan dan Fungsi Pelayanan Referensi
1)      Tujuan Pelayanan Referensi
·         Mengarahkan pemakai perpustakaan menemukan informasi yang
 dibutuhkan dengan tepat dan cepat
·         Memampukan pemakai perpustakaan menelusur informasi dengan
                                    menggunakan berbagai pilihan sumber informasi yang lebih luas.
·         Memampukan pemakai perpustakaan menggunakan setiap koleksi bahan pustaka referensi dengan tepat guna.
2)      Fungsi Pelayanan Referensi
·         Informasi
Memberikan jawaban atas pertanyaan–pertanyaan tentang informasi yang dibutuhkan oleh para pemakai perpustakaan.
·         Bimbingan
Memberikan bimbingan kepada pemakai untuk menemukan bahan pustaka  dalam koleksi referensi yang tepat sesuai dengan bidang masing-masing serta penggunaannya dalam menemukan informasi yang dikehendaki.
·         Pemilihan atau penilaian
Memberikan petunjuk tentang bagaimana cara memilih/menilai bahan pustaka yang bermutu dan berbobot ilmiah agar diperoleh sumber informasi yang berdaya guna maksimal.

2.3         Jenis-Jenis Terbitan Pemerintah dan Badan Internasional
2.3.1   Jenis-Jenis Terbitan Pemerintah
a)      Undang-undang
Peraturan perundang-undangan yang dibentuk oleh DPR dengan persetujuan bersama Presiden. Undang-undang memiliki kedudukan sebagai aturan main bagi rakyat untuk konsolidasi posisi politik danhukum, untuk mengatur kehidupan bersama dalam rangka mewujudkan tujuan dalam bentuk Negara. Undang-undang dapat pula dikatakan sebagai kumpulan-kumpulan prinsip yang mengatur kekuasaan pemerintah, hak rakyat, dan hubungan di antaranya keduanya.

b)      Peraturan Pemerintah
Peraturan Pemerintah adalah peraturan perundang-undangan di Indonesia yang ditetapkan oleh Presiden untuk menjalankan Undang-Undang sebagaimana mestinya.
c)      Peraturan Presiden
Peraturan Presiden adalah peraturan perundang-undangan yang dibuat oleh Presiden. Materi muatan Peraturan Presiden adalah materi yang diperintahkan oleh Undang-Undang atau materi untuk melaksanakan Peraturan Pemerintah.
d)     Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus mereka hadapi, yakni kondisi yang bisa mengancam keselarasan dan kehidupan umum. Iklan layanan masyarakat (ILM) dapat dikampanyekan oleh organisasi profit atau non profit dengan tujuan sosial ekonomis yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

2.3.2        Jenis-Jenis Terbitan Badan Internasional
a)      Keputusan badan-badan internasional
b)      Hasil penelitian yang dijalankan dibawah suatu badan internasional, misalnya penelitian dibidang kesehatan, lingkungan, dan pendidikan.
c)      Laporan tahunan, misalnya laporan tahunan bank dunia yang berisi pengungkapan publik kepentingan keuangan yang dilakukan oleh tim manajemen Kelompok Senior Kelompok Bank Dunia.
d)     Buku dan brosur.
e)      Perjanjian-perjanjian internasiona, misalnya
Ø  Piagam PBB, yaitu perjanjian konstituen dan seluruh penanda tangan terikat dengan isinya.
Ø  Piagam ASEAN, yaitu perjanjian perhimpunan bangsa-bangsa asia tenggarayang bertujuan untuk mempermudah kerjasama, menghadapi tantangan internal, dan merefleksikan pandangan ke depan.
f)       Bibliografi nasional.
g)      Direktori nasional

2.4    Jenis Kegiatan Layanan Referensi
Berbagai pendapat tentang pembagian kegiatan pelayanan referensi pada dasarnya memberikan pengertian yang sama, dimana hal itu sangat tergantung pada kondisi perpustakaan dan usernya. Ada yang membagi menjadi 3 kelompok besar : (1) Jasa Dasar, (2) Jasa yang Lazim diberikan, dan (3) Jasa yang jarang di berikan. Ada pula yang membagi 2 kelompok besar sebagai berikut :
a)      Kegiatan Pokok
·         Memberikan informasi bersifat umum, baik mengenai hal-hal yang umum mengenai perpustakaan maupun khusus mengenai pelayanan referensi-nya.
·         Memberikan informasi yang bersifat spisifik/khusus, yang untuk itu
            diperlukan bantuan koleksi referensi.
·         Memberikan bantuan menelusur informasi sampai ditemukan informasi yang dibutuhkan pemakai baik melalui koleksi referensi perpustakaan yang bersangkutan maupun perpustakaan yang lain.
·         Memberikan bantuan untuk menelusur bahan pustaka dengan menggunakan katalog, bibliografi, komputer, dan alat-alat yang ada.
·         Memberikan pengarahan kepada pemakai untuk menemukan pokok bahasan tertentu.
·         Memberikan bimbingan secara klasikal dan formal kepada pemakai tentang bahan pustaka, penggunaan dan pemilihan bahan pustaka yang tepat untuk mendapat informasi yang dibutuhkan.
b)      Kegiatan Penunjang
·         Menjalin kerja sama yang baik dengan perpustakaan lain dalam rangka
 memberikan layanan jasa informasi, termasuk di dalamnya kegiatan          pinjam antar perpustakaan (inter library loan).
·         Menyelenggarakan pendidikan secara formal dan klasikal untuk memberikan pengetahuan da ketrampilan kepada pemakai perpustakaan tentang penggunaan koleksi referensi, dan pemilihan bahan pustaka yang berbobot ilmiah.
·         Mempromosikan koleksi perpustakaan kepada umum dengan cara :
Ø  Menyelenggarakan pameran perpustakaan kerja sama dengan penerbit
Ø  Menerbitkan bibliografi Perpustakaan
Ø  Mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan statistik pelaksanan kegiatan pelayanan referensi
·         Membuat Indeks
·         Membuat kliping
·         Membuat abstrak
·         Membuat koleksi tandon (Reservation)
·         Membuat jajaran vertikal (vertical File)
·         Memberikan  bimbingan belajar khususnya pada perpustakaan-perpustakaan sekolah untuk mengatasi siswa yang mengalami kesulitan belajar.

2.5    Proses Layanan Terbitan Pemerintah dan Badan Internasional di Perpustakaan Universitas Negeri Malang
Koleksi terbitan pemerintah dan badan Internasional di Universitas Negeri Malang masuk dalam kategori layanan referensi. Koleksi terbitan pemerintah tersebut kebanyakan didapatkan dari hadiah. Maka dari itu koleksi diklasifikasikan menggunakan kode HD pada label buku yang berarti koleksi tersebut merupakan koleksi hadiah atau koleksi tersebut didapat dari hadiah. jadi Universitas Negeri Malang jarang sekali mengadakan koleksi terbitan pemerintah dikarenakan sudah banyaknya hadiah koleksi yang didapat. Proses layanan dalam terbitan pemerintah dan badan internasional secara keseluruhan hampir sama dengan pelayanan referensi yang hanya bisa difotocopy, dan dibaca di tempat referensi. Jadi tidak diperkenankan untuk dipinjam untuk dibawa pulang. Proses pengolahan buku pun sama dengan pengolahan buku seperti biasa.
Kendala dari proses pelayanan terbitan pemerintah dan badan internasional di UM yaitu jarangnya ada yang meminjam koleksi tersebut. Apabila koleksi tersebut hilang ketika dipinjam maka pihak perpustakaan tidak bisa mengadakannya lagi, dikarenakan koleksi tersebut hanya didapatkan dari hadiah. Peminjam koleksi terbitan pemerintah dan badan internasional di perpustakaan UM kebanyakan dari jurusan PKN, dikarenakan dalam proses pembelajaran prodi PKN memang sangat erat hubungannya dengan bidang pemerintahan.



DAFTAR RUJUKAN

Mustafa, Badollahi dan Abdul Rahman Saleh. 2001. Bahan Rujukan Umum.   
           Jakarta: Universitas Terbuka











Tidak ada komentar:

Posting Komentar